KOMUNITAS WETAR PEDULI

Bersatu Membangun Negeri

Kawasan Potensi Wisata di Desa Arwala

Kawasan potensi wisata desa Arwala, Wetar Timur

 

Sektor pariwisata dapat menjadi salah satu sumbangan pendapatan daerah/desa bila pemerintah dan masyarakat benar-benar menyadari dan mau menghadirkannya secara bersama-sama. Hal itu dapat terjadi karena hampir setiap kawasan perdesaan memiliki potensi wisata yang mencakup sumber daya fisik, sosial dan budaya. Masyarakat pemilik potensi ini–lebih khusus masyarakat Wetar–hampir tidak menyadari bahwa wilayah yang ditempati memiliki nilai lebih yang mampu mendorong kesejahteraan masyarakat.

Salah satu desa yang punya potensi wisata adalah Desa Arwala di Kecamatan Wetar Timur, Maluku Barat Daya. Banyak sekali potensi wisata yang memiliki nilai jual dari Desa Arwala. Kontarli akan memperkenalkan satu per satu kepada publik, tentu melalui kegiatan-kegiatan Kontarli yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Salah satu kawasan potensi wisata di Desa Arwala ini terletak di areal Fafi Mate. Apa saja daya tarik di sana? Berikut adalah beberapa yang dapat dijelaskan.

1. Eviden-eviden legenda Kai Amang yang sudah memfosil

Eviden atau bukti-bukti sejarah yang sudah memfosil seperti (a) Perahu, (b) Tipa atau alat musik, (c) burung elang; semuanya dapat dijumpai pada lokasi yang berdekatan. Makam tokoh-tokoh yang disebutkan dalam legenda pun masih ada dalam satu kawasan dengan eviden lainnya. Selain itu, pada tempat yang berbeda–masih terkait dengan legenda Kai Amang– dijumpai pula eviden lain yang telah membatu, seperti tunggul pohon dari perahu Kai Amang.

2. Hamparan pasir di pesisir pantai

Panjang garis pesisir pantai yang hanya berukuran 100 meter. Namun, hamparan pasir nan halus di sepanjang garis pantai ini dihiasi dengan “umang” yang memanjakan mata.

3. Spot snorkling dan diving

Jika memang perlu untuk snorkling, lokasi pantai di tempat ini juga tak kalah menarik dijadikan paket wisata. Bagi pecinta wisata khusus, Anda juga dapat mencoba kedalaman dasar laut yang dihiasi dengan terumbu karang yang dihuni sejumlah biota laut.

4. Bukit tertinggi di sekitar area

Di kawasan Desa Arwala, hanya ada satu bukit yang cukup tinggi berada di tepi laut. Bukit ini tidak lain berada di kawasan potensi wisata dimaksud. Tak salah, pemerintah daerah (dinas perhubungan) menempatkan satu spot menara suar di atas bukit tersebut sebagai pemandu kapal-kapal kargo yang melewati “Laut Wetar”.

5. Tempat berlangsungnya perkembangbiakan penyu

Sekali lagi, kawasan pasir putih yang berukuran 100 meter panjangnya itu ternyata menjadi tempat berlangsungnya perkembangbiakan penyu. Sayangnya, keberlangsungan makhluk ini masih terancam karena sering diburu oleh warga. Kontarli sudah peringatkan warga agar perilaku ini tidak lagi diperbiasakan.

Baca jugaStrategi  Mendorong potensi wisata di Desa Arwala

Itulah beberapa potensi yang bisa menjadi daya tarik wisata di Desa Arwala. Semoga potensi ini bisa dikembangkan oleh para stakeholder.

Hal-hal lain yang berkaitan dengan informasi transportasi dan akomodasi ke lokasi akan kami update ke depannya.

Silakan ikuti kami melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jika informasi ini bermanfaat, silakan dibagikan

Chat dengan kami?