KOMUNITAS WETAR PEDULI

Bersatu Membangun Negeri

Cegah Ablasi, Kontarli Tanam Pohon

Erosi menjadi ancaman negatif terhadap suatu dataran. Bicara tentang erosi sudah pasti arah pikir kita akan mengarah pada pengikisan. Pengikisan–terutama pengikisan tanah oleh air–secara perlahan tidak terasa. Namun secara perlahan pula pengikisan dapat berdampak buruk.

Kali ini, Kontarli menyoroti penurunan permukaan tanah di sebelah timur Desa Lurang, Kecamatan Wetar Utara, Maluku Barat Daya. Setiap tahun selalu terjadi ablasi (pengikisan oleh air sungai) di Sungai Letahu, Desa Lurang. Bahayanya, ablasi yang berkelanjutan mengarah ke kawasan perdesaan. Lagi pula pemanfaatan lahan dan hutan yang tidak sesuai aturan ikut menjadi sumbangan yang korelatif terhadap ancaman ablasi.

Saat ini, jarak terdekat antara sungai ke permukiman tidak lebih dari 200 meter; sementara ketinggian tanggul alam (natural levee) tidak lebih dari 1 meter. Ini berarti bahwa ancaman banjir tidak terhindarkan selama warga hanya berdiam diri.

Sebagai anak muda yang tinggal di desa ini dan mencari makan dari perut Nusa Laung, Kontarli ingin berkontribusi untuk terhindar dari ablasi dan ancaman banjir ke desa ini. Oleh karenanya, Kontarli telah menawarkan kegiatan penghijauan kepada pemerintah desa Lurang.

Saat koordinasi dengan Pemerintah Desa, Kontarli disambut baik untuk pelaksanaan kegiatannya.

Tanggal 21 Januari 19, kegiatan penghijauan dilakukan di bantaran sungai. Ratusan pohon ditanam dengan luas kawasan 400 meter persegi.

Kontarli telah memilih jenis tanaman “Kedondong Hutan” (pohon kudo) yang dipakai dalam kegiatan ini. Jenis ini dipilih karena kemudahan untuk mendapatkannya, dan kemudahan jenis tanaman ini bertumbuh di semua morfologi tanah.

Dampak yang dirasakan selain penguatan struktur tanah dan mengurangi ablasi termasuk pencegahan banjir, juga secara langsung ikut memurnikan kualitas udara di sekitarnya.

Incoming search terms:

Silakan ikuti kami melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jika informasi ini bermanfaat, silakan dibagikan

Chat dengan kami?