KOMUNITAS WETAR PEDULI

Bersatu Membangun Negeri

Bantu Galang Dana Bangun Gereja Kahilin

 

Kondisi Gereja Kahilin

 

Sejak terbentuknya Komunitas Wetar Peduli (Kontarli) pada 23 Agustus 2018, kegiatan  yang pertama dilakukan ialah dengan menggerakan penggalangan dana untuk membantu Jemaat di Kahilin, Wetar Timur. Jemaat di sana sedang melakukan pembangunan gedung gereja baru. Pembangunan itu diakui berlangsung lama karena banyak sekali keterbatasan, baik dari sisi daya dukung ekonomi, lingkungan maupun daya dukung sosial. Kontarli melihat ini sebagai sebuah masalah bersama; yang tidak lain adalah masalah kemiskinan.

Kontarli melakukan penggalangan dana ini dengan beberapa cara dan dengan target waktu satu tahun. Durasi waktu ini ditentukan karena Kontarli tidak ingin terpusat hanya pada satu titik. Kendati demikian, setiap titik (desa) yang menjadi sasaran kegiatan Kontarli, seluruhnya dikerahkan dengan kekuatan total. Jika memang ada kegiatan yang tidak berhasil (sukses), itulah memang kelemahan Kontarli yang tidak dapat dipaksakan.

Souvenir yang dijual Kontarli

Dalam pelaksanaan kegiatan, Kontarli menggunakan cara-cara konvensional, antara lain: (1) Sumbangan suka rela anggota Kontarli, (2) Mengedarkan proposal sumbangan sukarela, yang ditujukan baik kepada organ gereja maupun pekerja tambang di PT. Batutua Tembaga Raya dan PT. Batutua Kharisma Permai yang sedang beroperasi di Wetar, (3) Melakukan penjualan souvenir, dan kegiatan sejenis, dan (4) Melakukan kampanye online melalui website KitaBisa.com. Kontarli sengaja untuk tidak menyodorkan proposal kepada pemerintah daerah karena tidak ingin membebani belanja APBD. Begitulah Kontarli melaksanakan kegiatannya yang bertujuan menggerakan semua orang untuk bekerja sama dan bekerja bersama mengatasi kesenjangan sosial di Wetar (termasuk juga Lirang). Kontarli ingin membuktikan bahwa dengan bekerja sama (gotong royong), kita dapat menghadirkan kesejahteraan itu tanpa menunggu desain kesejahteraan itu dari pemerintah.

Bentuk kampanye penggalangan dana

Pengurus Kontarli sangat mengapresiasi dukungan dari anggotanya. Walau belum terdata secara baik, semua ingin berkontribusi pikiran membantu meringankan tanggung jawab saudara kami di Desa Kahilin. Atas campur tangan Tuhan, Proposal yang diedarkan pun selalu terisi. Tak seberapa nilainya, tapi kepedulian orang lain menanggapi proposal kami itulah yang sangat kami hargai. Donatur yang tak pernah bersua muka tetapi ketika menerima proposal kami, masih berusaha menghubungi kami dan tentu saja mengisi nominal donasinya.

Sumbangan dari pekerja tambang di Lerokis, Wetar pun sangat besar nilainya. Terhitung sudah dua kali dilakukan penempatan kotak sumbangan pada saat penggajian tunai. Sumbangan-sumbangan itu kemudian dikelola lagi dalam bentuk jual beli souvenir. Misalnya, dengan membeli baju dari Surabaya yang disablon kemudian dijual kembali.

Kegiatan kampanye online melalui KitaBisa sejauh ini berjalan baik. Walau memang masih jauh dari harapan, tetapi kami berterima kasih karena kampanye yang dibuat tidak kosong nilainya. Kami menyadari diri selain masalah teknis dalam bermedia online, kami memang tidak dikenal luas sehingga kampanye kami tidak begitu banyak yang meminati.

Semoga kegiatan kami ini juga dapat berterima pada masyarakat luas. Jika ingin membantu penggalangan dana ini, silakan klik tautan Kitabisa/Bantukahilin. Kegiatan penggalangan dana ini akan berkahir pada bulan Agustus 2019. Total sumbangan akan diserahkan kepada panitia pembangunan pada bulan yang sama dan akan kami share informasi melalui media ini. Salam jabat erat. (FFM).

Incoming search terms:

Silakan ikuti kami melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jika informasi ini bermanfaat, silakan dibagikan

Chat dengan kami?